Breaking News
Loading...

4 Aplikasi Messenger Populer Untuk Android, iOS & BB

4 Aplikasi Messenger Populer Untuk Android, iOS & BB - Maraknya smartphone, semakin membuat pasar Messaging App jadi besar. Konsekuensinya, aplikasi pendukung untuk chatting makin banyak. Semua itu dapat dimaklumi, banyak pengguna smartphone lebih memilih untuk berkomunikasi via aplikasi messenger dibandingkan harus mengirimkan SMS. Aplikasi Messaging jaman sekarang makin ciamik dengan segala fiturnya, itulah yang membuat banyak orang ‘meninggalkan’ SMS di smartphone.
Di sini, Ada 4 aplikasi yang paling sering dipakai di Andorid, iOS dan BlackBerry untuk pengguna di Indonesia.

1. WhatsApp
Aplikasi ini, adalah aplikasi yang ‘tertua’ diantara aplikasi yang akan dibahas dalam tulisan ini. Dan karena tertua, aplikasi ini hamper jalan disemua platform OS. Bahkan untuk featured phone, berbasis Java, aplikasi ini ada.

WhatsApp sangat fokus di layanan chatting/messaging. Oleh karena itu fungsi yang sekiranya ‘memberatkan’ tidak ditampilkan dalam WhatsApp. Video call dan Voice call tidak difasilitasi dalam layanan WhatsApp.

4 Aplikasi Messenger Populer Untuk Android, iOS & BB

WhatsApp menggunakan ID No Telepon. Jadi, jangan kuatir, anggap saja ketika chatting di WhatsApp adalah semacam SMS elektronik. Lebih intim, lebih panjang, lebih ekspresif dengan dukungan emoticon (diinstall terpisah), dukungan group chat sampai maksimum 30 orang, sharing multimedia (photo, video, audio, map location) dengan lawan bicara ataupun dalam group chat. Semua itu tidak dapat difasilitasi jika kamu menggunakan SMS.



 Aplikasi ini, sederhana namun fungsinya sangat maksi. Aplikasi ini membebankan langganan yang harganya sangat murah $0,99, untuk per tahun.

2.  LINE
Aplikasi besutan Jepang ini, sangat khas jepang dengan dukungan sticker yang ekstensif dan ekspresif. Sticker yang bisa berfungsi sebagai emoticon bisa digunakan dalam percakapan maupun dalam timeline, yang berfungsi seperti microblogging. Terdapat 250 sticker dan emoticon dalam LINE. Cukup untuk mengungkapkan segenap ekspresi hati kepada lawan bicara kamu ataupun untuk bermicroblogging dalam timeline.
4 Aplikasi Messenger Populer Untuk Android, iOS & BB

Line, sangat kuat dalam mengangkat karakter stickernya. Karakter yang diangkat sangat kuat adalah Brown, Cony dan Moon. Namun, terdapat juga karakter lain dalam koleksi sticker di Line. Bahkan Psy Gangnam dan Donald Duck juga ada dalam koleksi sticker terserbut. Untuk sticker sendiri, ada yang free dan yang berbayar.

Line, selain fungsinya adalah text messaging, juga bisa Video call dan voice call. Untuk kedua fitur tersebut harus terkoneksi dengan jaringan 3G/HSDPA. Untuk fitur voice calls sendiri, suara yang dihasilkan setara dengan HD.
Meskipun aplikasi ini tidak mendukung platform mobile sebanyak seperti WhatsApp, namun aplikasi ini punya keuntungan tersendiri, bisa diakses via PC (Mac dan Windows) juga bisa diakses via tablet. Agar dapat diakses via PC dan iPad, user harus mendaftarkan alamat email agar bisa login dengan menggunakan alamat email.
4 Aplikasi Messenger Populer Untuk Android, iOS & BB
Keunggulan lainnya dari Line adalah dukungan banyak game dan aplikasi sebagai layanan tambahan. Line telah move on bukan hanya sekedar sebagai Messaging Platform, namun juga sebagai penyedia layanan game berbasis Messaging Platform. Banyak game yang disediakan oleh Line dengan karakter dari sticker Line yang mempunyai cara permainan menarik. Semua gamenya bersifat casual dan cocok digunakan untuk ‘membunuh waktu’.


 Aplikasi ini gratis, yang berbayar hanya sebagian besar stickernya. Game dan aplikasi pendukung lainnya juga gratis, yang berbayar hanyalah konten in app purchase untuk mempercepat permainan saja.

3.  WeChat.
Aplikasi messaging ini, sangat terkenal di China. Maka jangan heran ketika menggunakan aplikasi ini, dan menggunakan fitur shake untuk mencari teman, banyak orang dari China daratan nongol. Fitur fitur social dalam aplikasi ini sangatlah menarik yaitu Look Around, Shake dan Dirft Bottle. Untuk fitur Drift Bottle sepertiya terinspirasi cara message in the bottle, pengguna cukup menuliskan/mengucapkan sebuah pesan (tulisan atau audio) memasukkannya dalam botol dan melemparkan botol ke tengah lautan. Nanti kalau beruntung, akan ada pengguna lain yang memungut botol kita dan mereply pesan kita atau membuang kembali ke laut. Ini ibaratnya kita melakukan blind message ke tengah lautan. Lucu.
4 Aplikasi Messenger Populer Untuk Android, iOS & BB
Aplikasi ini, layaknya WhatsApp dan Line, juga menggunakan ID nomor telepon. Dan aplikasi ini juga bisa diakses melalui PC dengan cara mengakses WeChat dari browser. Berbeda memang dengan Line yang menyediakan aplikasi khusus untuk Desktop.

Sama seperti Line, WeChat menyediakan microblogging dengan sebutan moments. Pengguna bisa membagi sekumpulan foto (maksimal 9) dalam satu timeline. Pengguna juga bisa sekedar curhat dengan menuliskan cerita pendek dalam moments tersebut.

Untuk emoticon meskipun tidak seekstensif dan seekspresid LINE, namun cukup. Bahkan kita bisa mengimpor emoticon/sticker buatan kita sendiri, yang ini tidak memungkinkan di LINE.
Aplikasi ini free, belum ada konten yang dibandrol dalam nominal tertentu. Aplikasi ini juga menyediakan beberapa game, namun sayang, gamenya mayoritas dalam bahasa China.

4.  KakaoTalk
KakaoTalk yang besutan Korea ini, punya daya tarik tersendiri, apalagi kalau bukan artis KPop yang banyak bertebaran di dalam KTalk sebagai salah satu channel medianya. Mirip LINE, yang tidak terdapat di WhatsApp dan hanya ada sedikit di WeChat, terdapat media yang menghubungkan sebuah merek/artis/band dengan groupiesnya dalam Messaging App. Untuk Kakao, terkenal dengan dukungan KPopnya. Untuk artis Indonesia, sudah mulai ada yang nongol di dalam KTalk.

Salah satu fitur yang dibanggakan adalah dukungan group chat dengan peserta yang unlimited. Hmmm mungkin fitur ini terlihat overkill, tapi kalau kamu punya teman misal 100 orang dan ingin membuat sebuah group pesan darurat, layanan ini patut dicoba. Apakah dengan 100 orang terdapat dalam sebuah group chat, tidak mengganggu tuh? Pihak Ktalk telah memikirkan hal tersebut, notifikasi dapat dimatikan dan tidak akan menimbulkan gangguan yang berarti. Dalam group chat, kamu bisa sharing foto, audio, bahkan calendar untuk sekedar janjian yang di tanggal tertentu.
4 Aplikasi Messenger Populer Untuk Android, iOS & BB
Layaknya LINE, Ktalk juga menyediakan sticker yang cukup lumayan banyak, meskipun tidak sebanyak LINE. Namun sticker bernuansa lokal Indonesia mulai terdapat di Ktalk ini.

Btw, untuk notifikasi Ktalk, cobalah pilih Obama voice. Jadi setiap ada pesan, nanti Obama akan berucap,”kakao talk”. Terdengar lucu, dan ini memang suara asli Obama.

Kakao Talk, mirip dengan LINE, juga menyediakan banyak game sebagai layanan tambahan. Beberapa waktu yang lalu sempat terdapat kontes game Anipang untuk wilayah Indonesia.
Aplikasi ini free, namun untuk konten tambahan seperti sticker dan theme, beberapa dalam keadaan berbayar.

Jadi, mau pilih yang mana dari keempat aplikasi messaging tersebut? Hmmm kalau saya sih pakai semua.
Demikan 4 Aplikasi Messenger Populer Untuk Android, iOS & BB Semoga bermanfaat.

0 komentar:

Poskan Komentar

 
Toggle Footer