Breaking News
Loading...

Format Flash Drive untuk Mac dan PC

Format Flash Drive untuk Mac dan PC - Jika Anda memiliki hard drive eksternal atau USB flash drive yang ingin Anda gunakan pada kedua Mac dan PC Windows, memilih sistem file yang tepat untuk memformat drive dapat membingungkan.

Format Flash Drive untuk Mac dan PC


Sejak Mac OS X dan Windows menggunakan sistem file yang sama sekali berbeda, cara sebuah flash drive / HDD eksternal diformat akan menentukan kesanggupan flash drive tersut dapat bekerja dengan jenis computer tertentu. Bahkan, ada empat cara yang bisa Anda gunakan dalam memformat flash drive eksternal atau USB untuk mencapai berbagai tingkat kompatibilitas antara Mac dan PC. Sedikit penjelasan adalah sebagai berikut:

HFS +
Sistem file asli Mac OS X adalah HFS + (juga dikenal sebagai Mac OS Extended), dan itu satu-satunya yang bekerja dengan Time Machine.HFS + adalah cara terbaik untuk format drive untuk digunakan pada Mac, Windows tidak mendukung format ini. Jika Anda hanya akan menggunakan eksternal atau USB flash drive dengan PC tertentu - seperti di rumah atau kantor - Anda mungkin tertarik pada sebuah program aplikasi MacDrive. Installah MacDrive pada PC Windows, maka anda akan dapat membaca & menulis ke drive HFS +. Namun, ini bukan solusi yang baik jika Anda perlu bekerja pada PC manapun tanpa menginstal software.

NTFS
Sistem file Windows asli adalah NTFS, yang hanya sebagian kompatibel dengan Mac OS X. Mac dapat membaca file pada drive NTFS, tetapi tidak dapat menulis di flash drive yang terformat NTFS. Jika Anda perlu untuk mendapatkan file dari PC ke Mac, NTFS adalah pilihan yang layak. Namun, Anda tidak akan dapat memindahkan file dari Mac ke PC.

FAT32
FAT32 bekerja dengan semua versi Mac OS X dan Windows. Sayangnya, FAT32 adalah sistem file yang sudah sangat lama dan memiliki beberapa keterbatasan teknis. Misalnya, Anda tidak dapat menyimpan file yang lebih besar dari 4GB pada drive FAT32. Keterbatasan lainnya adalah ukuran total partisi. Jika Anda memformat drive FAT32 di Windows, partisi drive tidak dapat lebih besar dari 32GB. Jika Anda memformat itu dari Mac ber OS 10,7 , partisi drive bisa sampai 2TB.

ExFAT
Sistem file ExFAT menghilangkan dua kekurangan utama dari FAT32: partisi terbesar dan ukuran file mendukung yang hampir tak terbatas dengan standar saat ini. Tapi, format ExFAT terbilang cukup baru, tidak kompatibel dengan Mac dan PC yang ber OS lama.Mac 10.6.5 (Snow Leopard) atau 10,7 (Lion) mendukung ExFAT, sedangkan PC yang ber OS Windows XP SP3, Windows Vista SP1, dan Windows 7 dapat mengakses ExFAT. Jika Anda tahu Anda akan menggunakan komputer kompuer yang menjalankan OS terbaru, maka ExFAT adalah pilihan terbaik.

Untuk memformat sebuah drive, di Mac bisa menggunakan Disk Utilty yang sudah built in dalam setiap Mac. Caranya sebagai berikut:
 1. Buka Disk Utility (Applications > Utilities).
 2. Pilih hard drive eksternal atau USB flash drive dari daftar di sebelah kiri.
 3. Klik pada tab Erase. Pilih format - Mac OS Extended (HFS +), MS-DOS (FAT32), atau ExFAT – kemudian nama drive.
 4. Klik tombol Erase dan drive akan mulai format. Harap diingat, memformat drive adalah menghapus semua file di dalamnya, maka backuplah file penting sebelum melakukan langkah ini.

 Untuk memformat flash drive dengan menggunakan PC Windows bisa melakukan hal berikut:
 1. Klik  My Computer pada Windows XP.
 2. Pilih drive Anda dari daftar dan klik kanan di atasnya. Pilih Format dari menu
 3. Sebuah notifikasi akan muncul, Anda dapat memilih format - NTFS, FAT32, atau ExFAT. Pastikan ukuran unit alokasi diatur ke default dan ketik volume label.
 4. Klik Start untuk memformat drive.

Untuk penjelasan mengenai Mac dan langkah mengamankan Mac anda bisa baca di artikel 5 Cara Mudah Untuk Mengamankan Mac
Sekian artikel Format Flash Drive untuk Mac dan PC dari saya, Semoga bermanfaat

6 komentar:

  1. terimakasih informasinya gan..

    blogwalking
    http://aan-shared.blogspot.com

    BalasHapus
  2. sama-sama gan (y)
    terimakasih juga kunjungan nya...

    blogwallking di setujui >TKP

    BalasHapus
  3. mampir lagi gan, sandal saya ketinggalan disini..
    °˚˚ºo(•̃͡-̮•̃͡) hέhέhέ (•̃͡-̮•̃͡)oº˚˚°

    BalasHapus
  4. Jadi tau nih saya sekarang,..
    mampir balik gan..:)

    BalasHapus
  5. hahahaha
    tau apa mas putu??? :)
    mampir balik di laksanakan :D

    BalasHapus
  6. hahahah
    sendalnya jangan di tinggal gan nanti ada yang nyolong :)

    BalasHapus

 
Toggle Footer