Breaking News
Loading...

Inilah 10 Produk Dalam Pengembangan Google

Inilah 10 Produk Dalam Pengembangan Google
Google bukan hanya perusahaan mesin pencari. Selain mengembangkan laptop Chromebook dan sistem operasi Android untuk perangkat mobile, Google punya ratusan ide-ide produk baru yang sedang dikembangkan.

Produk-produk tersebut saat ini sedang dikembangkan oleh tim rahasia Google yang bernama Google X. Tak heran jika orang-orang yang direkrut dan bekerja di tim ini adalah orang-orang 'gila' yang visioner. Mereka bebas berkreasi dan memikirkan hal-hal yang sekilas tampak mustahil menjadi mungkin untuk diwujudkan.

Google X bertugas mengembangkan produk dan layanan baru agar dunia menjadi lebih baik. Sebut saja Project Loon, proyek balon udara yang sedang diuji coba Google untuk penyediaan akses internet hingga ke daerah terpencil. Google juga sedang mengembangkan obat baru yang dapat membantu dokter mendiagnosa pasien.

Produk mengagumkan apalagi yang sedang dikembangkan Google? Ini dia 10 produk inovatif tersebut.

1. Android@Home
Hidup tanpa Internet tampaknya hal yang mustahil di jaman sekarang dan di masa depan, terutama di kota-kota besar. Android@Home adalah teknologi otomatisasi rumah, dimana semua barang-barang Anda bisa terhubung ke internet. Bayangkan jika kulkas Anda dapat memesan susu ketika stoknya sudah menipis. Teknologi seperti inilah yang nantinya akan ditawarkan Android@Home.

2. Lift ke ruang angkasa
Pada tahun 2011, Time Magazine melansir Google menambahkan proyek elevator (lift) ruang angkasa ke dalam daftar proyek Google X. Sesuai namanya, lift ruang angkasa adalah sebuah lift yang berfungsi mengangkut orang-orang dari bumi ke ruang angkasa. Sepertinya teknologi ini belum akan terealisasi dalam waktu dekat, namun akan sangat menarik jika Google berhasil mewujudkan proyek tersebut.

3. Jam tangan pintar Android
Google dirumorkan sedang mengembangkan jam tangan pintar untuk menyaingi Samsung dan Apple. Google bahkan sudah mengajukan aplikasi paten jam tangan pintar pada tahun 2011 dengan layar flip-up dual-screen dan tactile user interface. Jam tangan pintar Google nantinya akan berjalan di atas sistem operasi Android. Kemungkinan produk ini bisa dijumpai pada awal tahun depan.

4. Sensor untuk mendiagnosa penyakit
Google memiliki saham di Adimab, perusahaan yang menciptakan platform optimasi dan penemuan antibodi terpadu. Adimab, dengan bantuan Google, dikabarkan sedang mencoba membuat penemuan antibodi baru dengan mengintegrasikan ribuan teknologi yang berbeda untuk membantu mendiagnosa penyakit dengan cara menelan sensor.

Perusahaan Google yang lain -- iPierian -- menggunakan teknik yang disebut 'Cellular reprogramming' untuk menciptakan obat baru yang dapatnmenyerang penyakit dengan cara memodifikasinya.

5. Balon udara untuk akses internet
Google berambisi dapat menyediakan akses internet nirkabel ke seluruh dunia. Google bahkan sudah melakukan uji coba untuk mengembangkan balon udara yang akan terbang di atas daerah pedesaan dan bagian negara lain. Melalui proyek terbarunya -- Project Loon -- Google memprediksi bisa membuat 1 milyar penduduk di dunia terhubung ke internet.

6. Konsol video game Android
The Wall Street Journal melaporkan Google akan terjun ke bisnis konsol video game. Perusahaan mesin pencari itu sedang mengembangkan konsol video game berbasis Android. Informasi tersebut diperoleh dari sumber orang dalam Google. Dengan konsol ini, Anda nantinya dapat bermain game-game berbasis Android di TV Anda.

7. Smartphone baru Motorola Moto X
Google telah mengakuisisi Motorola pada tahun 2012 lalu. Google pun bersiap-siap memperkenalkan smartphone terbaru Motorola yang bernama Moto X, dengan spesifikasi dan fitur-fitur baru. Smartphone ini tentu saja akan mengusung sistem operasi Google Android. Moto X akan diperkenalkan pada 1 Agustus mendatang.

8. Program mobil tanpa supir
Program mobil tanpa supir juga sedang dikembangkan Google beberapa tahun terakhir. Google telah bekerja sama dengan anggota parlemen untuk melakukan pengujian mobil otonom di jalan umum. Google bahkan sudah mendapat persetujuan untuk proyek ini di dua negara, California dan Nevada.

Setidaknya ada sekitar 10 kendaraan tanpa supir yang diuji. Pada Agustus 2012, mobil tanpa supir itu berhasil melewati lebih dari 300.000 mil. Belum diketahui apakah teknologi ini akan dirilis secara komersial nantinya.

9. Google Glass
Kehadiran Google Glass dipercaya dapat mengubah cara kita berinteraksi dengan smartphone. Google Glass adalah kacamata pintar yang memungkinkan Anda men-tweet, mengecek agenda, cuaca, mengirim SMS melalui perangkat tersebut. Sampai sejauh ini, Google Glass baru dirilis untuk para developer dan beberapa wartawan saja. Versi konsumernya kemungkinan baru akan dirilis tahun depan.

10. Turbin angin di udara
Google telah mengakuisisi startup energi Makani Power, yang mengembangkan turbin angin udara. Departemen Energi AS dikabarkan telah memberikan dukungan terhadap pelaksanaan proyek tersebut. Prototipe turbin udara Makani Power disebut dengan Wing 7.

Pesawat ini nantinya akan berfungsi sebagai pembangkit listrik yang diterbangkan di ketinggian 800 sampai 2.000 meter. Jika berhasil, Chief Engineer Makani Power mengatakan kita nantinya bisa menyingkirkan sebagian besar dari bahan bakar fosil yang kita gunakan.

0 komentar:

Poskan Komentar

 
Toggle Footer