Breaking News
Loading...

5 Cara Mudah Untuk Mengamankan Mac

5 Cara Mudah Untuk Mengamankan Mac - Mac OS X, saat ini, adalah operating system yang sangat bisa diandalkan dari segi keamanan. Nanun, kita janganlah abai dan menyerahkan sepenuhnya operating system yang mengelola keamanannya.


5 Cara Mudah Untuk Mengamankan Mac


Kita bisa melalukan hal hal tambahan agara membuat Mac lebih aman untuk digunakan.


Sedikit kita bahas tentang Mac OS,karna ada komentar tentang Mac OS itu apa???

Mac OS adalah singkatan dari Macintosh Operating System. Mac OS adalah sistem operasi komputer yang dibuat oleh Apple Computer khusus untuk komputer Macintosh dan tidak kompatibel dengan PC berbasis IBM. Diperkenalkan pada tahun 1984, Mac OS sejak tahun 2006 telah memiliki kompatibilitas dengan arsitektur PowerPC maupun x86.

Sedangkan Mac OS X adalah versi terbaru dari sistem operasi Mac OS untuk komputer Macintosh.
Sistem operasi ini pertama kali dikeluarkan pada tahun 2001. Karakter "X" adalah nomor Romawi yang berarti sepuluh, di mana versi ini adalah penerus dari sistem operasi yang digunakan sebelumnya seperti Mac OS 8Mac OS 9.
Beberapa orang membacanya sebagai huruf "X" yang terdengar seperti "eks". Salah satu alasan mengapa mereka menafsir sedemikian karena tradisi untuk memberikan nama sistem operasi yang berbasis Unix dengan akhiran "x" (misalnya AIX, IRIX, Linux, Minix, Ultrix, Xenix). dan Mac OS X Server juga dirilis pada tahun 2001. Pada dasarnya versi Server ini mirip dengan versi standardnya, dengan perbedaan bahwa versi Serverworkgroup dalam komputer berskala besar.

Contoh fitur tambahan yang tersedia untuk versi ini adalah piranti lunak untuk menjalankan fungsi-fungsi seperti SMTP, SMB, LDAP dan DNS.
Selain itu cara melisensinya juga berbeda. mencakup piranti lunak untuk keperluan manajemen dan administrasi Mac OS X adalah sistem operasi yang menggunakan kernel BSD sehingga beberapa kalangan mengatakan bahwa Mac OS X termasuk dalam keluarga Unix.
Hal yang menarik dari OS ini adalah keindahan tampilannya sehingga menjadikannya panutan bagi pengembang desktop lain.
Rilis terakhir Mac OS diluncurkan sekitar bulan Mei 2005 dengan kode Tiger dengan versi 10.4.

Bagai mana??? Sudah jelas kan tentang Mac nya???
jika masih kurang saya akan rekomendasikan anda untuk membaca terlebih dahulu di sini
http://id.wikipedia.org/wiki/Mac_OS
Jika sudah jelas, Mari kita Melanjutkan untuk tingkat keamanan nya.



Ada 5 hal yang mudah, yang setiap pengguna Mac bisa lakukan untuk membantu memastikan mereka terlindungi dari ancaman keamanan terbaru:


1. Menonaktifkan Java di browser Anda


Mayoritas pengguna Mac tidak memerlukan Java di browser.Java adalah plugin yang masih digunakan oleh beberapa aplikasi web, namun web versi baru jarang menggunakan Java.Banyak celah keamanan yang bocor gara gara plugin Java. Oleh karena itu, sudah sangat jarang web versi sekarang yang menggunakan plugin Java. Maka, sebaiknya kita menonaktifkannya saja. Berikut cara menonaktifkannya:


Safari: Cari dan klik ke Preferensi>> Keamanan hapus tanda centang pada kotak di samping "Aktifkan Java".Menonaktfikan adalah dengan cara menghapus tanda centangnya.


Firefox: Pada Menu Bar, klik Tools>> Add-ons>> Plugins dan Klik tombol Nonaktifkan sebelah Jawa.


Chrome: Masukkan chrome :/ / plugins / di URL bar dan klik link Nonaktifkan bawah Jawa.


2. Nonaktifkan "Open Safe Files"


Jika Anda pengguna browser Safari, ada sebuah fitur yang membikin proses download menjadi sangat nyaman dan membuka file secara otomatis setelah terdownload. Hal ini, meskipun merupakan sebuah kemudahan, juga menimbulkan resiko keamanan.Saran saya, ambillah cara aman dengan menonaktifkan fitur ini dengan cara klik Safari Preferences>> General.Hapus tanda centang pada kotak di samping "Open Safe File After Downloading".


3. Aktifkan OS X Firewall


Mac OS X telah memiliki firewall built-in, namun fitur ini tidak pernah diaktifkan secara default. Firewall, memungkinkan pengguna untuk mengontrol koneksi jaringan Mac per aplikasi, dan sangat membantu untuk memblokir program yang berusaha mendapatkan akses koneksi tertentu. Jika Anda menjalankan Leopard 10.5 atau yang lebih baru, Firewall dapat dikonfigurasi dengan caraklik System Preferences>> Security>> Firewall.


4. Gunakan Akun Non Admin (Standard User)


Ketika Anda pertama kali menggunakan Mac baru/OS baru, user account yang Anda buat selalu Administrator. Mayoritas pengguna, akhirnya menggunakan akun ini sebagai akun utama dalam kegiatan sehari hari untuk menyimpan file mereka, menginstal aplikasi, dll. Sebenarnya sih tidak menjadi sebuah masalah, namun sebaiknya untuk kegiatas sehari hari, kita menggunakan akun non Admin, dan akun Admin hanyalah untuk digunakan ketika merubah setting tertentu.


Jika Anda sudah terlanjut menggunakan akun Administrator, anda dapat dengan mudah untuk membuat akun Admin baru dan kemudian menurunkan akun yang sedang Anda gunakan keakun standar.


Caranya, klik System Preferences>> Users and Groups, dan klik pada ikon kunci di sudut kiri bawah.Setelah Anda memasukkan password Anda, klik tanda plus (+) untuk menambahkan akun baru.Pilih Administrator sebagai jenis akun dan isikan informasi yang diperlukan lainnya. Harap selalu diingat username dan passwordnya karena Anda akanbakalan butuh agak sering. Selanjutnya, pilih akun lama Anda dari daftar di sebelah kiri dan hapus centang pada kotak di samping "Allow user to administrator this computer." Konfirmasi perubahan tersebut.


Akun standar akan berfungsi sama, namun ketika membuat sebuah perubahan di seluruh operating system maka akan memerlukan password administrator. Cukup masukkan username dan password dari akun Admin baru ketika diminta.Dengan menambahkan langkah validasi tambahan, hal ini membantu pengguna untuk awas terhadap semua aktifitas yang ingin merubah operating system dan dapat melakukan evaluasi apakah hal tersebut sudah seusai dengan tujuan pengguna atau sebuah ancamn keamanan terhadap Operating System.


5. Instal semua updates.


Beberapa pengguna merasa terganggu oleh notifikasi untuk memperbarui perangkat lunak di Mac.Tapi percayalah, hal ini sangat berguna dan penting.Seluruh update terhadap system adalah termasuk perbaikan bug dan lubang keamanan yang kemungkinan besar dapat menjadi jalan bagi hacker untuk melakukan eksploitasi terhadap sistem.


Pada OS X, sangatlah mudah untuk tetap up to date dengan klik ke menu Apple, kemudian Software Update.


Sekian artikel 5 Cara Mudah Untuk Mengamankan Mac semoga bermanfaat, Selamat mencoba

11 komentar:

  1. Apa yang Dimaksud Mac gan..?

    Kurang ngerti soalnya :D

    BalasHapus
  2. hehehehhe
    saya lupa ngasih penjelasan Mac OS nya gan :)

    nanti saya update lagi artikel nya..

    BalasHapus
  3. Belum pernah nih mas paakai PC yang mempunyai OS Mac, tampilannya bagaimana ya? apakah mirip dengan Windows atau Linux,,lebih sering pakai windows mas..hehheee

    BalasHapus
  4. hehe, gk pernah make mac sob...
    wkwkwkwk

    BalasHapus
  5. Wah belum begitu kenal saya sama itu, terimakasih atas infonya..

    kunjungan dari RIDHWAN ONLINE :D http://ridhwan-online.blogspot.com/

    BalasHapus
  6. heheee
    tidak ada salah nya untuk di coba gan :)
    terimakasih kunjungan nya gan (y)

    BalasHapus
  7. Makaish tutornya, makin aman aja Mac Os saya....

    jangan lupa koment balik...

    BalasHapus
  8. Sip gan...
    komen balik di laksanakan :)

    BalasHapus
  9. macOS emng beda dri yg laen, klo aja tulisannya gk miring2 lbh enak bacanya.. :)

    BalasHapus
  10. hihihi
    Miring-miring gmna maksud nya gan???
    setau saya gak ada tulisan yang miring cuma source dari wiki :)

    BalasHapus

 
Toggle Footer